Festival Payung Indonesia 2016


Untuk kedua kalinya, Kementerian Pariwisata mendukung Festival Payung Indonesia (FPI) 2016 yang digelar di Solo pada 23-25 September di Taman Balekambang, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah. Ini adalah acara yang memiliki nilai historis bagi masyarakat Kota Solo dimana menampilkan pagelaran payung sebagai pertunjukan utamanya.
Kegiatan FPI 2016 akan mempertemukan pelaku industri kreatif kreasi payung, pegiat seni karnaval dan masyarakat untuk melestarikan seni kerajinan payung Indonesia. Dalam acara tersebut juga akan diadakan Karnaval Payung, Solo Dance Festival, Pentas Tari Payung, Fashion Show Payung, pameran dan lomba foto, workshop dan melukis payung, sarasehan dan refleksi, serta Workshop World Culture Forum.
FPI tahun ini selain akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan kerajinan payung dari dalam negeri, panitia juga menyiapkan sejumlah kerajinan payung dari negara-negara di Asia seperti Kamboja, Thailand, Jepang dan Tiongkok, serta negara lainnya.
Lanjutnya, berbagai persiapan tengah dilakukan panitia termasuk mendatangkan perajin dari berbagai kota. Selain itu, panitia juga sudah mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penyelenggaraan FPI tahun ini, salah satunya melalui kegiatan pra-event yang dilangsungkan di kawasan CFD Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
Kegiatan pra-event tersebut menampilkan berbagai kerajinan payung antara lain Klaten dan Juwiring. Uniknya, dalam kesempatan ini pihak panitia lebih mengeksplorasi sajian kesenian, diantaranya dengan menampilkan ragam corak batik Solo yang indah. 

Untuk Yang Ingin Berbagi Informasi Silahkan Bisa Dikirim ke Contact Us

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama