Pemerintah Kabupaten Pekalongan Di Nilai Lamban Dalam Penanggulangan Kemiskinan


Kajen - Kinerja pemerintah kabupaten Pekalongan dalam penanggulangan kemiskinan dinilai masih kurang oprtimal. Indikatornya adalah lambatnya penurunan kemiskinan dalam rentang waktu lima tahun dari 2013 hingga 2017 hanya turun sekitar 0,9 persen atau dari 12,90 persen turun menjadi 12,61 persen. Jika mengacu pada angka tersebut maka rata-rata penurunan angka kemiskinan di kabupaten pekalongan setiap tahunnya kurang dari 0,5 persen. Terhadap hal itu Dewan merekomendasikan agar pemkab segera mengevalusi ulang strategi program dan kegiatan yang orientasinya pada penanggulangan kemiskinan, sehingga ditemukan cara-cara yang lebih efektif dalam mengurangi jumlah kemiskinan.

Dalam rapat paripurna dengan agenda penyampaian catatan strategis dan rekomendasi dewan terhadap LKPJ Bupati yang di gelar pada selasa 24 april tersebut juga disampaikan agar data kemiskinan per desa per kecamatan di petakan secara jelas dan terverifikasi supaya lebih mudah dalam intervensi program penanggulangan kemiskinan berdasarkan lokasi yang dibutuhkan, sehingga lebih tepat sasaran. Selain itu Pemkab pekalongan di minta untuk memperbaiki kebijakannya pada sektor pertanian dalam arti luas dan menjadikan desa sebagai sentra pertumbuhan ekonomi.

Pada kesempatan tersebut dewan juga menyampaikan jika realisasi keuangan dan pendapatan daerah tahun 2017 kurang dari target sebesar 8 miliar 110 juta atau terealisasi sebesar 99,6 persen dari target pendapatan yang di tetapkan dalam APBD perubahan tahun 2017. Sementara realisasi belanja daerah tidak terserap sebesar 238 miliar 73 juta atau terealisasi 89,5 persen dari alokasi sehigga terjadi defisit pada tahun 2017.Dari data realisasi APBD lima tahun terakhir pertumbuhan pendapatan daerah tahun 2017 meningkat dari tahun sebelumnya, namun  secara agregat pertumbuhan menurun. Pendapatan daerah tahun 2017 tumbuh 15,7 persen namun secara nominal minus 1,7 persen jika dibanding tahun 2016.Karenanya dewan merekomendasikan agar di lakukan evaluasi kinerja mengingat pada tahun 2018 merupakan tahun pemantabpan program.

Untuk Yang Ingin Berbagi Informasi Silahkan Bisa Dikirim ke Contact Us

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama